Sabtu, 28 Juli 2012

TUGAS KE 6
ARTIKEL MULTIMEDIA
Manfaat Multimedia Pada Kehidupan Manusia
Oleh : Jubaedah
NIM 11868017


            Multimedia merupakan gabungan atau konvergensi dari teks, gambar, video,dan suara ke dalam bentuk tunggal. Multimedia biasanya direkam, diputar, ditampilkan atau diakses oleh perangkat pengolahan informasi konten,seperti komputerisasi dan perangkat elektronik, tetapi dapat juga menjadi bagian dari live performance.Hubungan multimedia dan internet terletak pada cara dimana informasi yang kita buat terkait.
               Di tangan desainer elektronik Multimedia bisa dijadikan sebagai situs yang menarik dan inovatif, baik dalam fungsi desain maupun dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, mudah diperbaharui, dan cepat dalam proses men-downlodnya. Home page dari setiap produksi harus selalu tengara, dapat diakses dari bagian multimedia manapun.                                                                            
            Dengan kemajuan teknologi, multimedia telah dan mungkin terus akan digunakan secara luas dalam berbagai bidang kehidupan, karena kecepatan , manfat yang dirasakan dan fleksibilitas. Seperti pada bidang industri, dengan multimedia bisa menyajikan berbagai informasi kepada pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Selain itu multimedia juga bisa dijadikan media dalam memberikan pelatihan pada karyawan, membuat iklan  untuk menjual produk yang dihasilkan perusahaan, baik dalam negeri maupun luar negeri bahkan bisa disebarkan melalui dunia maya.
            Dalam bidang kesehatan. Salah satu contohnya adalah di bidang kedokteran ,dimana dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan bakteri membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang berbeda untuk mencegahnya.
Insinyur perangkat lunak juga menggunakan multimedia di komputer untuk mendapatkan hiburan, pelatihan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering kali dilakukan sebagai kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.
Di bidang pendidikan, multimedia memainkan peran yang sangat penting, seperti dalam kegiatan Proses  Belajar Mengajar. Tujuan yang telah ditetapkan akan lebih berhasil dalam pencapaiannya dibandingkan dengan Proses Belajar Mengajar yang monoton. Siswa akan lebih semangat dalam menyimak materi, apalagi dengan tampilan multimedia yang menarik  dan relevan  serta bisa memotivasi cara berpikir siswa dengan stimulus-stimulus yang ditanamkan melalui media multimedia.Sehingga bisa melahirkan cara berpikir siswa yang kreatif dan inovatif.Tentu saja kesiapan gurupun dituntut untuk lebih siap terutama dalam hal mendesain pembelajaran dengan memggunakan multimedia.  Kemungkinan kurang berhasilnya pendidikan  di negara kita salah satunya karena kurangnya sarana untuk membantu menyampaikan informasi. Kalaupun ada baru sebagian kecil saja sekolah yang lelah menggunakan sarana multimedia.
Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh multimedia , terutama membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang memberikan efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. Dalam dunia seni, banyak  artis yang menggunakan multimedia yang efektif dan  efisien untuk bisa  mendapatkan efek yang berbeda sehingga terlihat di layar lebih menarik . Pendekatan lain menciptakan tampilan tradisional seni rupa yang dapat dengan mudah dilihat di galeri seni.
Banyak dari media lama dan baru dari elektronik yang digunakan oleh seniman komersial multimedia. Bisnis ke bisnis dan komunikasi antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia canggih melampaui slide sederhana menunjukkan untuk menjual ide atau pelatihan. Pengembang multimedia komersial dapat disewa untuk desain , jasa pemerintah dan nirlaba layanan aplikasi sebagai uang.
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai tujuan mulai dari seni, untuk hiburan, seni komersial, untuk jurnalisme, media dan layanan perangkat lunak yang disediakan untuk setiap industri. Seorang individu dapat mengatur karirnya sebagai perancang multimedia dan dapat membuktikan keterampilan teknis untuk analisis untuk kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar