Rabu, 01 Agustus 2012

JAWABAN UTS PTI ANGKATAN 6
 No Kode 1
Nama : JUBAEDAH
NIM.11868017
PASCASARJANA STKIP GARUT

1.    Pengertian Tentang Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah gabungan dari teknologi yang berarti kemampuan ilmu teknik dan informasi sebagai penerangan atau penjelasan.Jadi Teknologi Informasi bisa diartikan sebagai alat yang dihasilkan dari ilmu tehnik untuk memberikan penerangan  mengenai suatu hal melalui pemrosesan, pengolahan dan penyajian suatu data yang bisa dipresentasikan kepada pihak lain dengan menggabungkan perangkat komputer dengan telekomunikasi.


Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi informasi untuk mengirimkan informasi ( Martin, 1999)
 
 
                                            Gb.Kegiatan Penggunaan Teknologi Informasi

2.    Menurut Larry Long dan Nancy Long, komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan ( interpet ) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output perhitungan dan operasi logika secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana.
Jadi  pengertian secara sederhana komputer adalah bagian dari elektronik yang terdiri dari berbagai  rangkaian komponen yang menyatu dalam melaksanakan tugas untuk mengolah data yang masuk melalui perintah- perintah yang telah terprogram dan bisa menghasilkan output yang bisa digunakan secara efisien dan epektif baik oleh pemrogram maupun pengguna. Adapun komponen Utama dari komputer adalah keyboard untuk memasukan perintah (input), monitor untuk melihat proses hasil tugas dan CPU atau Central Prossesing Unit sebagai otak yang mengkoordinasikan berbagai instruksi dan hasil kerja.
                                                             

                                                                                                                                           
                                            
                                       Gbr.Perangkat Komputer

                       
3.    Piranti Komputer
Piranti komputer adalah bagian –bagian yang menjadi penyusun komputer, merupakan komponen yang saling mendukung dan tak bisa dipisahkan. Piranti komputer terbagi 3 bagian diantaranya :
a.    Piranti Utama  yaitu piranti penting yang harus ada pada komputer  supaya komputer bisa berfungsi baik
·         Layar Monitor: piranti untuk menampilkan gambar hasil proses dan output.
·         Motherboard: papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik komputer saling terhubung.
·         CPU (Central Processing Unit): bagian untuk memproses perintah dan data dari perangkat lunak.
·         RAM (Memori): media penyimpanan data sementara pada komputer.
·         Kartu Ekspansi: papan sirkuit yang dapat disisipkan ke sebuah slot ekspansi motherboard untuk menambahkan sebuah fungsi tertentu.
·         Power Supply: pencatu daya komputer.
·         CD-ROM / DVD-ROM Drive: piranti untuk membaca isi keping optik (CD atau DVD).
·         Harddisk: media untuk menyimpan data dan program di komputer.
·         Papan Ketik atau Keyboard: papan untuk mengetikkan perintah komputer.
·         Mouse: piranti untuk menggerakkan pointer di layar monitor, untuk melakukan perintah tertentu.
b.Piranti Pendukung yaitu piranti untuk menunjang kemampuan komputer, piranti pendukung  digunakan untuk keperluan tertentu. Yang termasuk piranti pendukung diantaranya:
·         Printer:berfungsi mencetak teks, gambar atau foto
·         Scanner: untuk menginput objek gambar dan tulisan menjadi file komputer.
·         Webcam: kamera video untuk menginput tampilan visual.
·         Headset dan Microphone: untuk mendengar output suara dan menginput suara.
       c.Piranti Simpan yaitu piranti yang berfungsi untuk menyimpan data yang dihasilkan komputer. Yang termasuk piranti simpan diantaranya Hardisk, disket,                 Keping CD dan DVD, USB Flash Disk

4.    Pengertian tentang pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis,menguji dan memperbaiki serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Dimana kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.Pengertian lain pemrograman adalah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program tertentu.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si programmer. Untuk bisa melakukan pemrograman diperlukan skill dan keterampilan dalam algoritma,logika,bahasa pemrograman ,serta pengetahuan - pengetahuan lain seperti matematika

5.    Pengertian multimedia
Multimedia berasal dari dua kata yaitu multi berarti banyak dan kata media yang berarti perantara,maka multimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, suara,video dan animasi yang menghasilkan suatu penyajian yang menarik bahkan bisa menakjubkan untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan.
Kaitan multimedia dengan pembelajaran sangat erat sekali, apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang ini tak bisa dipungkiri kehadiran multimedia pada situsi pembelajaran sangat menunjang sekali terhadap keberhasilan  dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dimana multimedia bisa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan materi atau informasi tanpa harus mendatangkan nara sumber secara langsung, Penyajian multimedia disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan kepada peserta didik. Tetapi bukan berarti guru lepas tanggung jawab,justru seorang guru dituntut untuk lebik kreatif dalam memilih multimedia yang relevan dan fleksibel.Serta dituntut untuk lebih mahir dalam menguasai penggunaan teknologi tepat guna dalam dunia pendidikan.




6.    Pengertian Internet dan kaitan internet dengan pembelajaran
Internet adalah Jaringan komputer yang menghubungkan antara pengguna komputer yang satu dengan pengguna komputer yang lain bahkan bisa menghubungkan pengguna komputer  dipenjuru dunia. Internet disebut juga sebagai sebuah jaringan komputer dunia, yang seolah tidak ada batas antara negara. Dengan internet kita bisa menjelajah dunia maya secara cepat, mudah dan murah.
Kaitan internet dengan pembelajaran, bagi sekolah yang sudah mengimplementasikan penggunaan internet pada situasi pembelajaran akan mendapatkan manfaat yang begitu banyak baik bagi pelajar maupun bagi guru itu sendiri. Manfaat internet bagi peserta didik diantarnya bisa memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan, lebih terampil dalam menggunakan komputer, bisa memperdalam materi yang belum dikuasai di sekolah, bisa jadikan alat untuk mencari pertemanan dalam mengerjakan tugas untuk menambah sahabat.Sehingga internet bisa juga dijadikan perpustakan dunia yang setidaknya bisa membangkitkan kebiasan membaca para pelajar kita yang sekarang ini hampir padam.Dengan kata lain adanya internet memungkinkan siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun, sehingga internet bisa dijadikan sebagai Classroom
                                                

                                                    
7.    Yang dimaksud dengan :
a.    Mouse
Mouse adalah bagian dari perangkat keras komputer sebagai unit masukan  (input device) yang berfungsi sebagai alat pemindah kursor secara cepat, serta bisa dijadikan sebagai perintah praktis dan cepat dibanding menggunakan keyboard.                                  
                                   
 
b.     CPU (Central Prossesing Unit) adalah bagian komputer yang merupakan piranti keras yang berfungsi sebagai otak komputer yang berfungsi memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak
                       
c.    Boolean Searches Operator
Boolean Search Operator dikenal sebagai operator Boolean, yaitu suatu cara untuk melakukan search dengan menggabungkan kata AND, OR, NOT, dan NEAR, berfungsi sebagai alat untuk membatasi,memperluas atau mendefinisikan mesin search.Untuk bisa melakukan pencarian web yang baik harus tahu cara menggunakan operator Boolean dasar.

d.    Website
Website atau lazim dikenal dengan nama situs web dan sering disingkat web adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar atau gerak, data animasi, suara, video, atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun yang bersifat dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing – masing dihubungkan dengan jaringan hal.